Home » » Simple present tense

Simple present tense

Diposting oleh : Posted on 03/04/13 - 17.47 with 6 comments

simpel present tense, belajar english, inggris, belajar inggris, struktur bahasa

Simple present tense merupakan bentuk waktu yang menunjukkan perbuatan yang sedang dikerjakan atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan.
Rumus kalimat :
bentuk nominal
1. I + to be ( am )
2. we/you/they + to be ( are )
3. he/she/it + to be ( is )

contoh : 

  • I am here ever sunday ( saya berada disini setiap minggu )
  • she is very rich ( dia sangat kaya )

bentuk verbal
1. I/you/we/they + verb1
2. he/she/it + verb1 + s/es
contoh : 

  • I go to school everyday ( saya berangkat sekolah setiap hari )
  • she watches tv every night ( dia melihat tv setiap malam )

pengunaan :
1. untuk perbuatan yang menjadi kebiasaan
2. untuk menyatakan kebenaran umum atau fakta, seperti the ice is cold ( es itu dingin )

pengunaan dalam kalmat menyangkal atau negatif 
1. to be ( is, am, are ) + not ( n't ) -----> nominal
2. do/does + not ( n't ) -----> verbal
nb : do digunakan untuk 1/you/we/they dan does digunakan untuk he/she/it
contoh : 

  • I amn't polices
  • she doesn't  play badminton with his father yesterday

pengunaan dalam kalimat tanya
to be ( is, am, are ) & do/does cukup dipindahkan ke depan
nb : untuk does s/es dihilangkan
contoh : does she watch television every night ?

Contoh pengunaan simpel present tense
1. (+) she watches tv every night
2. (-) she doesn't watch tv every night
3. (?) does she watch tv every night ?

Catatan penting
1. jika kalimat verbal (  kalimat berita ) dan tunggal ( he/she/it)
2. - kata dasar/kerja umunya ditambahkan “s” di akhir kalimat
- kata dasar berakhiran ch, sh, s, dan x ditambahkan “es”
- berakhiran o juga ditambah “es”
- kata dasar berakhiran vokal e atau bersuara z/j ditambahkan s
- kata dasar yang berakhiran y didahului huruf mati, “y” diganti “i” ditambah es contoh study → studies
- berakhiran huruf y didahului huruf hidup, y ditambah s contoh buy → buys
3. jika mendapatkan kata bantu ( can, may, must )
4. tidak terjadi perubahan walau orang ketiga tunggal contoh I can swim

tanda waktu yang sering digunakan

  • always ( selalu )
  • as arule ( lazimnya )
  • generally ( umunya )
  • normally ( biasanya )
  • often ( seringkali )
  • here ( disini )
  • there ( disana )
  • everday ( setiap hari )
  • ever other day ( dua hari sekali )
  • every sunday ( setiap hari minggu )
  • every week ( setaip minggu )
  • never ( tidak pernah )
  • regulary ( secara teratur )
  • sometimes ( kadang – kadang )
  • seldom ( jarang )
  • nowdays ( saat sekarang )
  • steadily ( terus – menerus )
  • frequently ( sering kali )
  • now and then ( kadang kala )
  • occasionally (kadang – kadang )
  • on and off ( kadang – kadang )
  • once in a week  ( sekali seminggu )
  • once in a while ( sekali – sekali )
  • twice a year ( 2 kali setahun )
  • when ( ketika )

6 komentar:

  1. maaf Oot bentar mas, menyambung komen mas dian di blog sy ttg template responsiv apa bisa template yg skrg saya pakai bisa di rubah menjadi responsiv. lantas saya harus edit/nambah code spt apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngak papa mbak indah,bisa kok mbak..untuk stepnya banyak banget kalau dijelasin
      secara ringkasnya
      1. tambahin css @media only screen and (max-width:...)
      yang '....' diisi maksimal ukuran gadgetnya misal 800px
      2. buka website yang untuk ngecek responsive contohnya :
      responsivetest(dot)net / responsivetest(dot)com
      3. edit pakai inspect elemen nya google chrome / mozilla..
      ubah ukurannya

      kalau mau mbak coba kasih aku xml templatenya nanti coba tak edittin... (ngak tak ksih kode macem 2 kok mbak) aku cuma mau bantu aja kirim ke email aku di litelanime(at)gmail.com
      untuk lama tidaknya nanti coba aku telisik dulu kode - kodenya rumit apa tidak......

      Hapus
    2. sudah sy kirim ke mailnya mbak.....saya klw urusan ginian nyerah deh, mending di suruh tidur. apalagi skrg dah malam...hahaah.
      makasih sebelumnya yah?

      Hapus
    3. sama - sama nanti tak coba dulu

      Hapus
  2. wah..saya lupa alamat blog ini...hehehhe maaf baru bisa hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ndak papa... nanti kalau aku dah selesai ngedit blog aku ini aku kerjain soalnya setelah aku cek banyak banget yang harus di edit jadi aku edit pelan - pelan... mohon ditunngu ya mbak : )

      Hapus

setiap komentar yang mengandung spam, iklan, link berbahaya, link aktif, kata - kata rasis dan kasar akan dihapus dan fitur moderasi komentar akan muncul untuk artikel yang berumur 5 bulan